Hotline (0651) 31053

Praktek Belajar Lapangan (PBL II) Tahun 2019

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh kembali melaksanakan kegiatan Praktek Belajar Lapangan II (PBL II) yang bertempat di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar pada tanggal 27 Februari 2019. Serah terima mahasiswa PBL II dilaksanakan di AULA Kantor Kecamatan Lhoknga yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh, Para Wakil Dekan, Camat Lhoknga, Danramil Kecamatan Lhoknga, Kapolsek Kecamatan Lhoknga, Kepala Puskesmas Kecamatan Lhoknga, para Geuchik Gampong setempat.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh Bapak Prof. Asnawi Abdullah, SKM, MHSM, MSc.HPPF, DLSHTM, PhD menyampaikan bahwa kegiatan PBL ini dilaksanakan setiap tahun dan biasanya berpindah-pindah di setiap Kabupaten yang ada di Aceh. Namun pada tahun ini sesuai dengan kesepakatan FKM se-Indonesia PBL dilakukan di satu kecamatan dan dilakukan secara terus menerus sampai pada angkatan berikutnya.

Pihaknya mengakui bahwa ada nilai positifnya jika PBL ini dilakukan berpindah-pindah, karena ada pemerataan di setiap Kabupaten namun menurut Prof. Asnawi Abdullah pihaknya merasa kesulitan untuk memantau progresnya. Oleh karenanya PBL kali ini akan dipusatkan pada satu kecamatan dan dilakukan secara terus-menerus. Dengan demikian maka kami akan terus memantau bagaimana perkembangan masalah kesehatan yang ada di kecamatan tersebut. Terkait pemilihan Lhoknga sebagai tempat praktik belajar lapangan Asnawi melihat bahwa Lhoknga mempunyai sejarah tersendiri, dimana pada saat tsunami dulu banyak relawan kesehatan yang melakukan pengobatan di Lhoknga. Ada sejarah panjang di kecamatan ini, makanya dengan data yang nantinya kita dapatkan melalui PBL kita akan lihat bagaimana perkembangan kesehatan di sini.

Hal senada juga diungkapkan oleh Agustina selaku ketua panitia mengatakan bahwa Praktek Belajar lapangan ini merupakan kegiatan mahasiswa dalam intervensi penyelesaian masalah kesehatan baik yang menular ataupun tidak menular, penyakit ibu dan anak dan penyakit menular berbasis lingkungan serta masalah gizi. Saat ini praktek belajar lapangan dilaksanakan secara terintegrasi antara praktik belajar di puskesmas dengan praktik belajar dikomunitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *